Mourinho: Sergio Ramos Tak Pernah Main di Perempat Final UCL Sebelum Saya Latih

Jose Mourinho mengaku sebagai pelatih spesialis klub bermasalah. Maksudnya, Mourinho kerap ditunjuk untuk menangani tim besar yang mengalami masalah untuk meraih prestasi tinggi.

Mourinho menyebut ia mendapatkan tugas itu ketika ditunjuk menangani Inter Milan, Real Madrid dan Manchester United saat ini. ketiganya memang memiliki nama besar dan sejarah panjang, tapi sat Mou datang, tiga klub itu sedang dalam masalah.

Karenanya, Mourinho merasa ia tidak pandai memilih tim untuk dilatih. Meski demikian, Mourinho merasa tertantang untuk menangani tim yang sedang bermasalah seperti itu.

“Saya tidak pandai memilih tim untuk dilatih. Inter dulu dalam masalah besar, Real Madrid juga dalam masalah besar. Bahkan Manchester United juga sedang dalam masalah besar ketika saya datang. Masalah yang saya maksud adalah bahwa semua tim itu ingin menjadi juara tetapi situasi mereka masih sangat jauh dari kemampuan untuk menjuarai kompetisi besar. Saya memang suka bekerja di tim yang ingin menang tetapi situasi mereka tidak mendukung,” terang Mourinho kepada Expresso.

Mourinho mengisyaratkan bahwa ia sudah cukup sukses menanamkan mental juara ke timnya. Salah satu contohnya adalah kesuksesannya mengubah mentalitas Sergio Ramos.

“Kapten Real Madrid saat ini (Sergio Ramos) beberapa hari lalu mengangkat trofi, dan sekarang adalah juara Liga Champions tiga kali. Tapi dia sebelumnya tidak pernah bermain di babak perempat final Liga Champions sebelum saya datang ke Real Madrid pada 2010.”